Deg Degan dan Pusing Setelah Minum Kopi

Kita semua pasti tahu bahwa kopi merupakan minuman yang tidak hanya memiliki aroma harum menenangkan saja. Kopi juga telah menjadi minuman yang begitu menyehatkan baik untuk kesehatan fisik juga psikis. Karena hal inilah, tak heran jika kopi menjadi salah satu minuman favorit sebagian besar orang. Dan saking favoritnya, beberapa orang bahkan mengaku bahwa ia tidak bisa menjalani hari-harinya dengan baik tanpa diawali dengan meminum secangkir kopi di pagi hari.

Deg Degan dan Pusing Setelah Minum Kopi

Meski banyak orang mengaku tidak bisa hidup dengan kopi dan merasa tubuhnya tidak segar tanpa kopi, beberapa orang justru mengaku bahwa ia akan merasa deg-degan, pusing, mual dan kembung setelah minum kopi? Ya, bagi beberapa orang, minum kopi justru akan membuat ia merasa deg-degan, pusing, mual dan kembung. Dan ini rupanya tidak hanya terjadi pada mereka yang tak biasa minum kopi. Bagi mereka yang sangat cinta dan tidak bisa hidup tanpa kopi, sesekali ia juga pernah merasakan hal ini.

Perasaan deg-degan dan pusing serta mual setelah minum kopi terjadi akibat adanya kesalahan pada metabolisme tubuh. Dr Michael Roizen dari Cleveland Clinic mengungkapkan bahwa perasaan tidak nyaman setelah minum kopi disebabkan oleh metabolisme tubuh yang kurang baik. Ini juga disebabkan karena tubuh tidak bisa menerima kafein atau dalam artian tubuh sensitif terhadap kafein.

Bagi yang memiliki sistem metabolisme kurang baik, minum kopi dapat menyebabkan deg-degan dan pusing.
Dr Michael Roizen menerangkan, “Jika kita mengonsumsi secangkir kopi filter atau kopi yang disaring sebanyak delapan ons dalam waktu satu jam, ini dapat menyebabkan perasaan kurang nyaman. Semuanya akan terjadi di sini. Seperti dari detak jantung tidak normal, cemas, mual dan pusing”
Tidak hanya karena metabolisme sedang bermasalah, deg-degan, mual dan pusing setelah minum kopi juga dapat terjadi karena kemungkinan besar tubuh mengalami masalah pada lambung misalnya seperti risiko maag. Atau, saat meminum kopi perut dalam keadaan kosong sehingga hal ini sangat memungkinkan untuk terjadinya masalah pencernaan penyebab mual, kembung, pusing hingga deg-degan.

Meski minum kopi bisa menyebabkan deg-degan, mual dan pusing, hal ini tetap baik-baik saja selama kopi yang dikonsumsi tidak berlebih setiap harinya. Minum kopi dengan takaran yang cukup justru akan sangat baik buat kesehatan tubuh. Manfaat tersebut mulai dari menurunkan risiko parkinson, alzheimer, diabetes, kanker hingga membuat pikiran menjadi lebih bahagia serta otak makin cerdas.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *